Senin, 16 April 2012

kuantan singingi


Si Mikin
(cerita anak durhaka dari kuantan singingi)
By. Mulfransware Yusda
Cerita ini diangkat dari cerita rakyat Rantau Kuantan. Namun, ditulis berdasarkaan fiktif belaka. Penulis mendapatkan cerita dari seorang narasumber yamg benama Samsia, menurut Samsia cerita ini ia dapatkan dari ibunya yang bernama Intan, dan Intan juga mendapatkan cerita ini dari ibunya. Begitulah seterusnya cerita ini telah diwariskan secara turun-temurun dari ibu ke anak.
Dahulu kala di Rantau Kuantan, di kenegrian yang bernama Inuman, tepatnya di Si Buayo atau yang juga dikenal dengan lubuak Si Payuang. Disinilah tersebutnya kisah Si Mikin. Si mikin yang telah lama di tinggalkan ayahnya, ia hanya hidup dan tinggal bersama ibunya, kehidupan mereka sangat susah. Ibunya hanya berkerja menampi beras orang dan bisanya mendapat upah secupak (setara dengan ¼ tekong) dari tapian tersebut.
Suatu hari Si Mikin berteriak memanggil-manggil ibunya.
 ‘’ omak, , , omak. . .” ujar si mikin.
 Lalu ibunya menjawab ‘’  apo lei lei nak bujang omak’’.
Sambil menunduk Si Mikin menjawab “Mikin ingin poi marantau mak , siapo sangko je omak rak, iduik di nagori urang bisa mandatangan rasoki”.
Setelah mendengar perkataan Si Mikin tersebut , ibunya berusaha untuk mencegah si mikin untuk pergi merantau, namun Si Mikin tetap bersikeras ingin pergi merantau, akhirnya ibunya terpaksa mengizinkan Si Mikin pergi.
Berbekal limpiang bore ( kerak nasi) berangkatlah si mikin ke negeri seberang.
“ kayua la kayua , uwik den uwik, luan manuju tobiang suborang...’’  
Setelah si mikin lama merantau dan tak tau di mana berada. Terdengarlah kabar bahwa simikin telah kembali. Mendengar berita tersebut ibunya lansung pergi ke sibuayo tempat di mana kapal-kapal berlabuh di masa itu. Setelah sampai di si buayo ibunya melihat si mikin berdiri di atas kapal. Tetapi si mikin bukan lagi si mikin melainkan si kaya. Si Mikin yang dulu ramah kini menjadi angkuh dan sombong.
Sambil berteriak ibunya manggil si mikin
“ mikin... mikin... iko omak nak...”

Tekejutlah  si mikin mendengar kata-kata tersebut, dengan perasaan yang gugup si mikin menjawab..
“ iko omak po mak,,, ndak ah, omak den mudo lei,,, indak tuo macam ko re,,, poi manjawuah dari tobiang ko, sabolun di sipak,,,”
Mendengar perkaataan anaknya tersebut, mengalir lah air mata sang ibu,,, dan kembali berkata...“ iyo nak, iko omak... ang la lamo poi marantau,,, jadi ndak mungkin omak mudo macam dulu lei..”
Namun dengan kerasnya si mikin mebantah“ indak,,, kau indaklah omak den,,, poi dari siko...” lalu si mikin memerintahkan pengawalnya untuk memutar haluan kapal, dan segera pergi hendak menuju kuala indragiri.
Melihat hal tersebut ,,, dengan perasaan sedih, sambil menangis keluarlah kata-kata dari mulut ibu si mikin.“ iyo ang kan poi po nak,,, kalau iyo jadilah ang olang soghak... biar omak jadi buayo,,,”.
Setelah ibu si mikin berkata demikian, angin ribut bertiup kencang, gelombang semakin kuat yang membuat tenggelamnya kapal si mikin.
Setelah kejadian tersebut sering terlihat seekor burung elang yang terbang kesana-kemari di atas bekas tenggelamnya kapal si mikin, penduduk sekitar percaya bahwa elang tersebut adalah si mikin yang disabut dengan (olang soghak). Apabila air sungai kuantan surut,akan terlihat lipatan-lipatan kain, dan beberapa buah batu yang menyeripai payumg yang  dipercaya isi dari kapal si mikin. Oleh kare itu si biayo juga di kenal dengan lubuak si payuang.

Syair Si Mikin
Tasobiklah dimaso dulunyo
Disibuayo tompeknyo
Lubuak si payuang subuiktannyo
Di desa banjar nan tigo

Disiko Kuantan olun banamo Kuantan
Disiko Inuman olun banamo Inuman
Limpato nan tasobuiktan
Ikolah kisahnyo mari kito dongarkan

Si mikin poi marantau
Ondak majalang sabuah pulau
Marubah iduik nan kacau
Maapuih maso nan la lampau

Dek sorik iduik di kampuang
Dek sompik adonyo untuang
Nyo cubo balayar dari sabuah tanjuang
Ondak malapamgan sompiknyo untuang

Dek jawuahnyo marantau
Mungkin ka mudiak ka minang kabau
Ntah ka ulak ka jarojau
Tinggalah omaknyo jo ati risau

Di ulaknyo indragiri
Di midiaknyo kuantan singingi
Mangonang anak nan lapoi
Batal bapoluak nyo tangisi


Mangonang anak nan lapoi
Omaknyo torui manangi
Banyiak potang bayiak pagi
Itulah karojonyo saban ari

Sapulangnyo si mikin dari rantau
Indak mangonal omaknyo maimbau
Ndak ingek akan maso lampau
Mambuek ati omaknyo batamba kacau

Si mikin pulang dengan istrinyo
Kininyo manjadi urang kayo
Indak mangonali akan omaknyo
Jadilah enyo anak duroko

Ulah si mikin anak duroko
Kutuakpun tibo dari omaknyo
Olang sorak akan ruponyo
Si buayo yang manjadi saksinyo

Munkin carito sampai disiko
Jikok salah borilah mo’o
Dihadopan kito basamo
Abiaklah hikmah nan ado

1 komentar:

  1. Sanal salam kenal. Ancak caritonyo elok idenyo. Kalau ndak awak yg kenalkan sejarah dan cerito rakyat awak Siapo lo lai.

    BalasHapus